Selasa, 11 Juni 2013

Coaching and Counseling

Coaching meruapakan mengarahkan yang dilakukan seseorang untuk melatih atau memberikan orientasi kepada karyawan tentang realitas. Sedangkan counseling adalah membantu atau memberi dukungan untuk mengatasi masalah. Yang sering menacu pada konflik adalah kepribadian (apaka tempramen atau tidak, sensitif), pola pikir, sikap sudah ditunjukkan, tapi emosi masih didalam.

Counseling itu sudah dilakukan atau diatasi dengan menggunakan psikolog, tapi kalau untuk coaching dapat menggunakan jasa dari PR perusahaan.

Keuntungan dari coaching dan counseling adalah
·         Pekerjaan terasa lebih mudah
·         Timbulnya rasa hormat dan rasa syukur
·         Lebih menghargai orang lain
·         Meningkatkan komitmenmenjadi lebih termotivasi, menjadi pribadi yang lebih baik

4 cara melakukan coaching dan counseling
·         Wawancara : wawancara dibutuhkan dalam melakukan coaching dan counseling, karena dengan wawancara atau bertatap muka, kita dapat melihat dan memastikan keadaan seseorang dari ekspresi wajah. Terkadang karyawan tidak mengemukakan apa yang mereka tau dan merek apikirkan secara gamblang, ada juga karyawan yang takut, dan akhirnya keputusan akhir yang mereka ambil adalah berbohong.
·         Observasi langsung : Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan cctv atau hidden camera, karena biasanya dengan menggunakan hal seperti ini seluruh aktivitas karyawan terlihat lebih natural
·         Dokumentasi : Mintalah karyawan untuk mengirimkan e-mail. Hal ini bertujuan agar karyawan merasa tidak takut dalam mengemukakan pikirannya. Dan juga dapat berupa foto
·         Komentar pihak 3 : Hal ini dilakukan agara mendapatkan keseimbangan. Jadi kita juga membutuhkan pendapat atau komentar dari pihak ketiga. Agar kita tidak menimbang hanya dari satu pihak atau dua pihak.

Tips dalam memberikan coaching dan counseling
·         Tidak boleh memberi label contoh dengan mengatakan “dasar orang Indonesia!” didepan umum
·         Berkata jujur
·         Jangan menebak motif, bicarakan perilaku


Tidak ada komentar:

Posting Komentar