Sabtu, 30 Maret 2013

Internal Event


Adapun fungsi dari internal event adalah
·      Untuk meningkatkan produktivitas karyawan.
·      Untuk meningkatkan kesetiaan atau loyalitas karyawan
·      Untuk meningkatkan sense of belonging karyawan
Dan yang terpenting dari sebuah event atau kegiatan untuk membentuk sebuah teamwork yang solid
Contoh event formal adalah workshop sedangkan contoh event informal adalah gathering yang fun. Gathering juga bisa formal jika yang menghadiri gathering tersbut adalah kepala-kepala cabang, atau kepala divisi. Gathering itu terlaksanauntuk rapat mengenai hasil kerja
Family gathering dilakukan untuk memberikan informasi mengenai apa pekerjaan dan bagaimana kondisi lingkungan pekerjaan karyawan kepada anggota keluarga
Event juga dapat melahirkan atau memiliki dampak positif dan negative. Tetapi jangan menjadikan dampak negative sebagai alasan tidak melaksanakan event.
Jika ada suatu kasus seperti, perusahaan telah membuat suatu event yang bertujuan untuk mendekatkan atau mengakrabkan semua karyawan. Tetapi setelah event tersebut tidak berdampak untuk satu atau dua karyawan. Karena jika kita membjat sebuah event, biasanya tidak semua karyawan dapat menyerap pesannya. Jadi tugas kita selanjutnya adalah mencari solusi lain misalnya memberikan counseling
Event yang sekarang sedang trend di perusahaan adalah event KPI (key performance Indicator). Jadi dimana karyawan membuat apa saja yang harus ia capai demi perusahaan, dan tugas perusahaan adalah bagaimana membantu karyawan tersebut. Bisa saja dengan memfasilitasi kebutuhan dari karyawan tersebut.
Pernahkah mendengar istilah RUPS? Jadi RUPS itu yang wajib melakukan adalah perusahaan yang sudah go public. Karena RUPS itu untuk perusahaan yag sudah banyak pemegang sahamnya.
Jadwal RUPS bisa dilihat dimana tempat dan kapan waktunya, karena itu jika suatu perusahaan menyelenggarakan RUPS, jumlah wartawan yang hadir akan membludak, karena ini merupakan kesempatan wartawan gadungan untuk mencari uang. Jadi, PR harus tanggap dalam menghadapi wartawan-wartawan seperti ini. Bisa saja dengan menyuruh wartawan yang hadir membawa kartu identitas surat kabar yang mengutus mereka. Tetapi biasanya wartawan gadungan memiliki banyak ide untuk tetap masuk.
Annual meeting lebih bersifat informal dan lebih internal. Biasanya dilakukan diluar kantor dan bisa juga diluar kota. Dan yang membuat rumit tugas PR disini adalah mengatur transportasi, dan tetek bengek lainnya.

1 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental AC Bali untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus