Praktek PR adalah
keseluruhan upaya yang dilansgungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam
rangka menciptakan hubungan yang saling menghargai dan mutual understanding.
Dalam hal ini, ada 4
tahap proses humas, yaitu
4.
Mengevaluasi program
Mengevaluasi
program sangat penting, tidak boleh terlupakan. Karena dengan melakukan
evaluasi kita akan tau apakah ada kekurangan dari program yang telah kita
jalankan. Dan akan menjadi pembelajaran untuk kedepannya. Intinya kita harus
mengevaluasi bagaimana kita telah melaksanakannya.
|
1.
Mengidentifikasi masalah PR
Maksudnya
adalah seorang PR harus tau apa yang sedang terjadi saat ini. Apabila ada
permasalahan maka seorang PR harus mencari tau apa penyebab permasalahan
tersebut muncul. Jadi seorang PR harus tanggap dengan isu-isu tentang
perusahaan. Hal pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan fakta, melihat
apa gejalanya, dan juga mencari tau apa masalahnya. Selain itu seorang PR
juga harus menanyakan opini atau pendapat public. Memantau pengertian, opini,
sikap, dan perilaku pubik (penelitian). Harus diingat dalam tahap ini seorang
pemimpin harus mendukung program PR nya.
|
3.
Mengambil tindakan dan mengkomunikasikannya
Jadi
pada tahap ini seorang PR harus mengambil tindakan, bagaimana dan kapan akan
melakukan dan mengatakannya kepada stakeholder terkait masalah yang terjadi.
|
2.
Merencanakan dan menyusun program
Setelah
mengidentifikasi masalah, langkah selanjutnya adalah harus membuat
perencanaan apa yang harus dilakukan, dan apa yang harus dijelaskan perihal
masalah tersebut kepada stakeholder.
|
Hubungan yang ideal dengan
publik internal ditandai dengan:
1. Kepercayaan antara
atasan dan bawahan
2. Arus komunikasi
yang baik
3. Kepuasan status
dan partisipasi setiap individu
4. Berlangsungnya
pekerjaan tanpa perselisihan
5. Lingkungan yang
sehat
6. Kesadaran akan
suksesnya organisasi
7. Sikap optimis
untuk masa mendatang
Beberapa contoh tujuan
Internal PR:
• Menjelaskan kebijakan dan cara kerja
perusahaan
• Menjadi sarana komunikasi di dalam perusahaan
• Menghilangkan kesalahpahaman antara pihak manajemen dan pegawai
• Menjadi sarana menyampaikan keluhan, keinginan
atau sumbang saran
dan informasi serta laporan kepada pihak manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar