Sabtu, 30 Maret 2013

Strategi dan teknik membuat majalah internal


Perbedaan antara media internal dengan company profile adalah jika media internal itu terdapat tanggal dan edisi. Sedangkan company profile tidak, company profile itu bisa dibuat sekali untuk beberapa tahun kedepan, sampai adanya sebuah perubahan.
Majalah internal itu dicetak secara berkala dan disebarkan baik kepada internal atau stakeholder.

Ada beberapa aturan dalam majalah dan newsletter, diantaranya
·      Judul tidak boleh menggunakan singkatan, karena akan membuat pembaca bingung.
·      Harus disertai gambar, berguna untuk menarik perhatian pembaca.
·      Buatlah dan gunakan cover untuk majalah Internal
·      Foto atau gambar yang disajikan harus dengan kualitas terbaik.

Jenis bahan dalam majalah
Cover : Art Carton 200 gram, fancy paper, laminating glossy (kekurangannya kurang elegan, karena mengkilat)
Isi : Art paper 100 gram atau hvs 80 atau 100 gram. Untuk cover dan isi dapat menggunakan A4, atau A5.

Istilah-istilah yang dipakai dalam mencetak newsletter dan majalah internal
4/4 artinya full colour
4/0 artinya depan full colour tetapi halaman dibaliknya kosong, atau
4/1 artinya depan fyll colour, dan halaman dibaliknya hitam putih

Dan juga kita harus mengetahui teknik-teknik untuk mencetak newsletter atau majalah internal
·      Offset, semakin banyak kita mencetak maka akan semakin murah.
·      Digital printing, bisa dipilih jika terdesak, harga relative lebih mahal.
·      Sablon, harga relative lebih murah
·      Laminating Dove, tidak glossy, dan warnanya tetap cerah
·      Logo timbul yaitu di emboss

Fungsi jurnal Internal
·      Komunikasi. Contohnya rubric surat pembaca, dan Tanya jawab dengan manajemen
·    Informasi. Lebih ke satu arah. Contohnya opini, rubric info produk, tulisan khusu dari ahli
·      Pendidikan
·      Hiburan. Contohnya adalah TTS, kuis berhadsiah, karikatur, humor.
· Pengetahuan. Contohnya sejarah organisasi, profil karyawan, profil perusahaan, pengetahuan populer, tips dan trik, dan juga berita competitor

Faktor-faktor dalam merancang majalah internal
· Cakupan pembaca. Usahakan dapat diterima di semua kalangan. Dan juga harus   ditentukan gaya bahasa yang digunakan
·  Kuantitas. Harus memperhatikan ukuran kertas, jumlah halaman (jika terlalu banyak halaman orang akan bosan, dan jika sedikit halaman beresiko informasi yang disajikan kurang). Selain itu, jumlah halaman juga harus disesuaikan dengan budget perusahaan
· Frekuensi. Kita harus menentukan berapa bulan sekali majalah internal kita akan diterbitkan. Ideal atau umumnya adalah satu bulan sekali. Dan kalau newsletter biasanya satu minggu sekali
·      Kebijakan
· Judul. Judul harus menarik, catchy, mewakili perusahaan dan isi atau rubric yang disampaikan, dan juga jangan berubah-ubah karena akan membuat pembaca bingung
·      Proses percetakan. Format, jumlah halaman, dan kualitas cetak.
·      Gaya dan format hitam putih atau satu warna atau berwarna
·   Iklan dapat menambah penampilan majalah menjadi semakin menarik. Biaya produksi juga bisa tercover dari iklan
·   Menentukan kelayakan pelaksanaan seperti dana, staf, waktu, dan kecukupan peralatan yang ada.

Bentuk media internal
·      Bulletin : minimal 16 halaman
·      Newsletter : 4-8 halaman
·      Majalah : 32-100 halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar