Perbedaan antara media internal
dengan company profile adalah jika media internal itu terdapat tanggal dan
edisi. Sedangkan company profile tidak, company profile itu bisa dibuat sekali
untuk beberapa tahun kedepan, sampai adanya sebuah perubahan.
Majalah internal itu dicetak
secara berkala dan disebarkan baik kepada internal atau stakeholder.
Ada beberapa aturan dalam majalah
dan newsletter, diantaranya
· Judul
tidak boleh menggunakan singkatan, karena akan membuat pembaca bingung.
· Harus
disertai gambar, berguna untuk menarik perhatian pembaca.
· Buatlah
dan gunakan cover untuk majalah Internal
· Foto
atau gambar yang disajikan harus dengan kualitas terbaik.
Jenis
bahan dalam majalah
Cover
: Art Carton 200 gram, fancy paper, laminating glossy (kekurangannya kurang
elegan, karena mengkilat)
Isi
: Art paper 100 gram atau hvs 80 atau 100 gram. Untuk cover dan isi dapat
menggunakan A4, atau A5.
Istilah-istilah
yang dipakai dalam mencetak newsletter dan majalah internal
4/4 artinya full colour
4/0 artinya depan full colour tetapi
halaman dibaliknya kosong, atau
4/1 artinya depan fyll colour, dan
halaman dibaliknya hitam putih
Dan juga kita harus mengetahui teknik-teknik
untuk mencetak newsletter atau majalah internal
· Offset,
semakin banyak kita mencetak maka akan semakin murah.
· Digital
printing, bisa dipilih jika terdesak, harga relative lebih mahal.
· Sablon,
harga relative lebih murah
· Laminating
Dove, tidak glossy, dan warnanya tetap cerah
· Logo
timbul yaitu di emboss
Fungsi jurnal Internal
· Komunikasi.
Contohnya rubric surat pembaca, dan Tanya jawab dengan manajemen
· Informasi.
Lebih ke satu arah. Contohnya opini, rubric info produk, tulisan khusu dari
ahli
· Pendidikan
· Hiburan.
Contohnya adalah TTS, kuis berhadsiah, karikatur, humor.
· Pengetahuan.
Contohnya sejarah organisasi, profil karyawan, profil perusahaan, pengetahuan
populer, tips dan trik, dan juga berita competitor
Faktor-faktor dalam merancang majalah
internal
· Cakupan
pembaca. Usahakan dapat diterima di semua kalangan. Dan juga harus ditentukan
gaya bahasa yang digunakan
· Kuantitas.
Harus memperhatikan ukuran kertas, jumlah halaman (jika terlalu banyak halaman
orang akan bosan, dan jika sedikit halaman beresiko informasi yang disajikan
kurang). Selain itu, jumlah halaman juga harus disesuaikan dengan budget
perusahaan
· Frekuensi.
Kita harus menentukan berapa bulan sekali majalah internal kita akan
diterbitkan. Ideal atau umumnya adalah satu bulan sekali. Dan kalau newsletter biasanya
satu minggu sekali
· Kebijakan
· Judul.
Judul harus menarik, catchy, mewakili perusahaan dan isi atau rubric yang
disampaikan, dan juga jangan berubah-ubah karena akan membuat pembaca bingung
· Proses
percetakan. Format, jumlah halaman, dan kualitas cetak.
· Gaya
dan format hitam putih atau satu warna atau berwarna
· Iklan
dapat menambah penampilan majalah menjadi semakin menarik. Biaya produksi juga
bisa tercover dari iklan
· Menentukan
kelayakan pelaksanaan seperti dana, staf, waktu, dan kecukupan peralatan yang
ada.
Bentuk media internal
· Bulletin
: minimal 16 halaman
· Newsletter
: 4-8 halaman
· Majalah
: 32-100 halaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar