Sabtu, 30 Maret 2013

Jenis Media Internal


Ada 4 bentuk utama di dalam jenis-jenis media

·  Lisan dapat berbentuk briefing, rapat, diskusi, ceramah, teguran. Contohnya adalah  hotel yaitu morning briefing yang membahas dan mengevaluasi tentang masalah kemarin.
·  Tertulis dapat berbentuk surat, bulletin, brosur, company profile, information board, newsletter, dan annual report. Dari semua bentuk tertulis, bulletin dianggap paling efektif. Ada 2 bentuk company magazine yaitu majalah untuk karyawan dan majalah untuk costumer. Contoh dari majalah untuk consumer adalah majalah yang diterbitkan oleh bank, asuransi, dan penerbangan.

Seiring perkembangan teknologi maka media-media tersebut dibuat secara elektronik seperti e-bulletin dan e-magazine. Adapun kelebihan dari e-magazine adalah hemat biaya, langsung tertuju kepada personal, dan lebih cepat. Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, dimana kekurangannya adalah karyawan malas untuk membuka, dan tidak mudah disimpan. Apabila menggunakan secara konvensional bisa disimpan tetapi perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih.

Newsletter
Newsletter merupakan media berkala, umumnya satu bulan sekali. Didalam newsletter harus ada jadwal terbit, karena itu disebut sebagai media berkala.

Company Profile
Company profile itu dibuat untuk memperkenalkan perusahaan, terutama untuk calon investor. Adapun isi dari company profile itu adalah visi, misi, sejarah, produk, dan hal-hal lain yang berhubungan atau terkait dengan perusahaan.

Annual report
Di dalam annual report juga harus dicantumkan tahun, nomor, dan tanggal karena berkala. Annual report menjelaskan tentang prestasi atau apa yang dilakukan perusahaan dalam jangka waktu satu tahun. Dan yang paling penting dalam annual report adalah laporan keuangan. Dan yang harus diingat adalah setiap karyawan hendaknya membaca media-media yang diterbitkan oleh perusahaan Karena akan meningkatkan kesadaran atau awareness dan juga sense of belonging.

Majalah Dinding
Media yang digunakan untuk menyampaikan berita kepada karyawan. Kelebihannya adalah informasi lebih up to date, dan juga tidak ada waktu edisi. Setiap ada berita langsung dikabarkan kepada karyawan melalui majalah dinding. Misalnya berita duka, berita kelahiran, dan jadwal libur.

·      Counselling
Sudah mulai terlihat sebuah masalah, tetapi belum adanya sebuah akibat. Misalnya memberikan nasehat kepada karyawan dalam memecahkan sebuah permasalahan.

·      Event
Contoh dari event disini adalah pertandingan olahraga, family gathering, outing, outbond, training, acara keagamaan (buka puasa bersama), dan peringatan suatu peristiwa.

Penghargaan atau award
Penghargaan atau award sangat bermanfaat guna meningkatkan semnagat karyawan. Contohnya sebuah perusahaan memberikan penghargaan kepada karyawan terbaik, atau divisi terkreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar